Portal Ramadhan <> Teman setia menggapai ridho Illahi
Portal Ramadhan. Diberdayakan oleh Blogger.

6 tradisi unik saat ramadhan

Indonesia memang tiada duanya… terkenal akan keanekaragaman suku, bahasa dan budayanya… sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika… Indonesia juga terkenal dengan Negara yang memliki sumber daya alam yang melimpah serta mempunyai tanah yang subur… orang jawa bilang “Gemah ripah loh jinawi”

Dalam lagunya Koes Plus bersyair:
“Bukan lautan, hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu
Tiada hujan tiada badai kau temui
Ikan dan menghampiri dirimu
Orang bilang tanah kita, tanah surge
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”

Penggalan lagu di atas begitu kayanya laut kita, dan begitu suburnya bumi pertiwi ini. Jadi sudah menjadi sebuah keharusan dan kewajiban bagi kita untuk selalu mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia- Nya.

Terkait dengan bulan ramadhan, Indonesia juga memiliki keragaman tradisi unik ditiap daerah. Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai beberapa tradisi unik yang saya amati bahkan saya alami dan masih lestari hingga sekarang… khususnya di daerah asal saya, yaitu kota Ngawi Jawa Timur.

Secara umum tradisi unik ramadhan dibagi kelompokan menjadi 3, yakni:
- Menjelang ramadhan
- Selama ramadhan
- Akhir ramadhan

Menjelang ramadhan ada 2 (dua) tradisi unik, diantaranya:

Nyadran (bersih desa), yakni tradisi selamatan (syukuran) bersama satu kampong yang diadakan di masjid atau di rumah kepala kampong, bahkan ada yang di pemakaman. Tujuannya adalah berkirim doa kepada leluhur… kegiatan ini biasanya disertai dengan gotong royong bersih kampong, area makam dan nyekar (menabur bunga disertai kirim doa dimakam sanak family).

Padusan, tradisi ini pada hakikatnya sebagai symbol kesiapan diri secara lahir bathin dalam menyambut bulan suci… biasanya para warga ramai- ramai mandi di sungai, kolam pemandian,air terjun bahkan di pantai. Bagi yang tidak sempat atau tak ada biaya… cukup mandi di rumah… yang penting niat… entah siapa yang memulai atau darimana asalnya yang jelas tradisi ini hamper berlaku di seluruh nusantara… dan yang pasti menjadi daya tarik tersendiri dan menguntungkan sector pariwisata.

Selama ramadhan ada 2 (dua) tradisi unik, diantaranya:

Tajil, mungkin semua daerah pasti mengenal tradisi ini… tapi yang bikin unik dan cenderung lucu… tradisi ini di daerah saya menjadi alat pemikat bagi anak- anak untuk giat tadarusan. Bahkan bias menjadi salah satu tolak ukur kelas sosial seseorang dimasyarakat
Biasanya tajil diatur berdasar jumlah KK dibagi jumlah hari puasa… jadi tiap KK pasti dapat giliran…nah yang bikin lucu… anak-anak ternyata sudah pada hafal besok itu giliran siapa yang kirim tajil… jadi mereka sudah bias menebak apa menunya…jika menunya tak menarik biasanya mereka malas ke masjid tadarusan…lucu kan? Maklum anak-anak.

Grebeg sahur, yang satu ini juga tak kalah menarik…dari anak sampai dewasa…bermodal alat music seadanya…dengan rutin dan penuh semangat…mereka tak kenal lelah keliling kampong… saur…saur…saur… begitu teriak mereka tanpa henti sepanjang jalan…diiringi suara music yang kadang tak karuan…dan akhirnya menyadarkan para warga untuk makan saur dan berniat siam (puasa)…pokoknya seru’

Akhir ramadhan ada 2 (dua) tradisi unik, diantaranya:

Weweh (saling berkirim makanan), tradisi ini masih berjalan sampai sekarang…biasanya sehari atau dua hari menjelang idul fitri…para warga memasak makanan enak dan banyak untuk dikirim kepada mereka yang dianggap lebih tua…orang terpandang/ atasan…tradisi ini menggambarkan rasa hormat yang muda kepada para sesepuh… menariknya, biasanya yang disuruh kirim makanan adalah anak-anak…karena dengan mengirim makanan…mereka akan mendapat uang saku dari yang dikirimi…lumayan lho…saya sendiri pernah alami…cukuplah buat beli sepatu atau tas baru…bahkan sepada baru…jika ingat masa itu jadi malu…hehehe


Mudik, tradisi yang satu ini kita semua pasti dah tahu, bahkan mengalami… yang membuat unik adalah tradisi ini luar biasa karena mampu memobilisasi orang-orang dalam jumlah yang tiada terkira…dan lebih uniknya lagi jika kita mau cermat mengamati tingkah laku pemudik selama perjalanan dan cara mereka mudik…aneh-aneh dan lucu…bahkan terkadang mengerikan jika ditinjau dari segi keamanan.

Demi berlebaran dikampung halaman…dan sungkem kepada orang tua…apapun mereka lakukan.



SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI <<>> MOHON MAAF LAHIR BATHIN


Itulah beberapa tradisi unik yang saya pernah temui dan alami, semoga dapat menambah khasanah pengetahuan kita. Amin

Artikel lainnya

[QS 2:183] "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

  © Template Al-Mubarak by ourblogtemplates.com <> Portal Ramadhan sejak Ramadhan 2011@ Bali

Kembali ke DEPAN  

PORTAL RAMADHAN